Istilah-istilah Dalam Kepariwisataan

Alpukat Homestay, 
Homestay murah, nyaman dan sejuk, 
Homestay murah di kota batu.


 Sumber : tikadwit.wordpress.com

Istilah-istilah Dalam Kepariwisataan

  1. Hotel/Hotel: tempat untuk menginap sejenis kamar tidur yg identik berkelas.
  2. Restoran/Restaurant : suatu tempat makan yang biasanya identik mewah dan besar yang di dalamnya menyediakan berbagai jenis hidangan makanan.
  3. Reservasi/Reservation : Reservasi adalah suatu proses permintaan pemesanan kamar dan fasilitas lain yang diinginkan oleh calon tamu untuk periode tertentu.
  4. Rekreasi/Recreation: Suatu keinginan untuk mengunjungi salah satu objek wisata yang biasanya bertujuan untuk menenangkan diri ataupun sekedar bersenang –  senang ( refreshing ).
  5. Diving : kegiatan menyelam didalam laut biasanya bertujuan untuk melihat dan menikmati keindaha bawah laut.
  6. Snorkeling : kegiatan berenang atau menyelam dengan mengenakan peralatan berupa masker selam dan snorkel. Selain itu, penyelam sering mengenakan alat bantu gerak berupa kaki katak (sirip selam) untuk menambah daya dorong pada kaki.
  7. Dormitory : tipe kamar yang ada dan disediakan di hostel. Biasanya penghuni dormotory diisi beberapa orang yang belum kenal. Dormitory diisi 4 sampai 10 orang dalam ruangan yang sama. Dormitory harus menaati peraturan yang sangat tinggi, seperti tidak merokok atau membuat kegaduhan. Dormitory sangat diminati juga populer dikalangan backpaker karena harganya yang lebih murah.
  8. Hostel : hostel adalah sejenis tempat menginap akan tetapi perbedaannya adalah fasilitas didalamnya digunakan secara bersama-sama oleh penggunanya, seperti kamar mandi, dapur dan ruang tamu. Kelebihannya diantaranya adalah penghuni hostel punya kesempatan untuk lebih bersosialisasi dengan tamu lain. Bukan hanya dormitory saja yang menyediakan kamar privat layaknya hotel.
  9. Homestay : adalah rumah biasa yang sebagian kamarnya disewakan kepada tamu, namun tamu yang menginap akan tinggal dalam jangka waktu lama.homestay sering diikuti oleh pelajar asing guna mempelajari kebudayaan setempat.
  10. Motel : hotel yang di desain yang lokasinya biasanya ada di pinggir jalan raya dan menyediakan tempat parkir luas untuk tamunya. Motel biasanya digunakan sebagai tempat istirahat sebelum penghuni melanjutkan kembali perjalanannya.
  11. Reserved : produk ataupun jasa yang telah dipesan sebelumnya dan juga telah disetujui.
  12.  Pakansi/ Vacation : sejenis liburan akhir pekan yang digunakan untuk menghabiskan waktu seperti liburan.
  13. Berkemah/ Camping : salah satu jenis wisata yang identik dengan membangun tenda, yang lokasinya biasanya di alam liar ataupun lapangan.
  14.  Travel/ Travel : sebuah biro perjalanan yang mengatur tentang semua perjalanan wisata kita.
  15.  Pantai/ Beach : sebuah objek wisata yang berada di sekitar laut.
  16.  Teater/ Theater : sebuah seni pariwisata yang tujuannya menunjukkan tontonan yang menarik untuk kalangan yang sedang berwisata.
  17. Gunung / Mountain: sebuah objek wisata yang banyak diminati seperti pecinta alam, karena keindahan atasnya dan serunya medan yang harus dilalui untuk sampai puncaknya.
  18. Tari /Dance : salah satu seni wisata yang menunjukkan jenis tari-tarian masing-masing daerah yang sedang dikunjungi para wisatawan, untuk lebih mengenal akan sebuah budaya.
  19. Koper/ Suitcase : salah satu alat untuk berwisata yang digunakan untuk meletakkan barang bawaan saat berwisata.
  20. Pesawat/Airplane: sebuah alat transporatsi udara yang biasanya digunakan untuk berwisata dari satu daerah ke daerah lain yang sangat jauh tempatnya.
  21. Bus/Bus : alat berkendara yang biasanya digunakan saat berwisata untuk sekedar melihat lihat alam sekitar di satu tempat wisata, karena jika jalan kaki para wisatawan akan mudah lelah. Maka, bus lah yang menjadi kendaraannya.
  22. Bagasi/Baggage : suatu tempat untuk meletakkan barang bawaan sebelum berwisata.
  23. Kamera/Camera : suatu alat untuk memotret gambar yang biasanya tujuannya untuk kenang-kenangan saat berwisata di salah satu tempat.
  24. Cinderamata/Merchandise : sebuah jenis oleh-oleh yang khas dari suatu tempat wisata yang biasanya untuk kerabat yang tidak ikut serta berwisata.
  25. Kacamata/Sunglasses : sebuah alat untuk melindungi mata dari sninar cahaya matahari.para wisatawan sering menggunakan benda ini agar mata bisa terlindung dari cahaya matahari langsung.
  26. Kolam renang/Swimming pool : sebuah objek wisata yang didalamnya terdapat berbagai wahana air, tempat ini sering menjadi tempat tujuan wisata karena tempatnya yang mengasyikan untuk berwisata.
  27. Pariwisata Bahari/marine tourism :aktivitas wisata yang telah lama dikembangkan sebagai Tour Destination Object di Kepulauan Wakatobi. Hal ini sangat didukung dengan keberadaan Taman Laut Nasional Kepulauan Wakatobi.
  28. Ekowisata /ecological tourism : yaitu suatu model pengembangan pariwisata yang bertanggung jawab di daerah yang masih alami atau daerah-daerah yang dikelola secara kaidah alam untuk menikmati dan menghargai alam.
  29. Surfing/Selancar: adalah olahraga menaiki ombak dengan papan seluncur.
  30. Pameran/Exhibition: adalah suatu kegiatan penyajian karyaseni rupa untuk dikomunikasikan sehingga dapat dia presiasikan dengan masyarakat luas atau wisatawan.
  31. Festival/Festival: adalah harian atau pecan gembira dalam rangka peristiwa penting dan bersejarah. Misalnya pestarakyat.
  32. Panorama/Panorama: adalah pemandangan alam yang luas dan bebas yang biasanya dinikmati oleh wisatawan atau pelancong.
  33. Musium/Museum: adalah tempat untuk menyimpan benda-benda bersejarah yang biasanya sering dikunjungi oleh para wisatawan.
  34. Kuliner/Culinary : berbagai macam wisata makanan yang ada di suatu kota maupun Negara tertentu.
  35. Lokal/Local  :  suatu para wisatawan yang berasal dari dalam wilayah itu sendiri.
  36. Fasilitas/Facility : sarana untuk melancarkan pelaksanaan fungsi untuk wisatawan.
  37. Tiket/Ticket : suatu tanda untuk masuk ke lokasi wisata.
  38. Passport : alat yang biasanya digunakan oleh seseorang yang hendak pergi ke suatu negara dengan tujuan berwisata atau hal lain sebagai tanda pengenal.
  39. Caddy : Tukang angkat-angkat atau pesuruh dalam permainan golf yang membawa tas golf berisikan beberapa stick golf.
  40.  Cancellation Fee : Biaya atas pembatalan penggunaan jasa yang telah dipesan sebelumnya seperti, pembatalan pemesanan hotel, tiket pesawat, paket tour dan lain-lainnya.
  41. Confidential tariff : Harga yang berlaku antara pihak-pihak tertentu sesuai dengan harga yang telah disepakati dalam perjanjian yang telah dibuat sebelumnya.
  42. Conveyor belt : Ban berjalan di bandara tempat kita mengambil barang/bagasi yang ingin kita bawa saat berwisata.
  43. Extra bed : tempat tidur tambahan yang diganakan jika masih ada beberapa yang kekurangan pada fasilitas untuk istirahat.
  44. Cancellation Fee : Biaya atas pembatalan penggunaan jasa yang telah dipesan sebelumnya seperti, pembatalan pemesanan hotel, tiket pesawat, paket tour dan lain-lain 
 

Poskan Komentar

Pos populer dari blog ini

PENGINAPAN MURAH UNTUK KELUARGA

Homestay Terlaris dan Termurah Di Kota Batu

Villa tipe 1 rumah 2 kamar